Friday, October 3, 2008

ayah part I

di kenal banyak org dengan nama 'mohammad asad'
babeh punya masa kecil yg menarik. seengganya lebih menarik dari crita masa kecil gw..
selain mewariskan gw keras kepala, mata sipit, dan jidat berkerut2.. ternyata, kalo kata nyokap gw,, gw bnyk gaya sama persis sama bokap gw.

waktu jaman SMA, babeh rambutnya gondrong..
karena suka kena marah sama sekolahnya, si bokap rajin nge roll rambut bawahnya, supaya keliatannya pendek. *jangan tanya gw gimana caranya. tapi babeh berhasil ga ketauan kalo rambutnya gondrong, kira2 sepundak.

babeh badung tapi kreatif. bandel tapi rajin.. dan itu yg membuat dia jadi orang.
babeh pernah cerita.. "waktu ayah SMA dulu, kalo ayah mawu ujian, ayah bikin contekan! nulis catetan di meja.. masukin kertas yg bnyk tulisan di kaos kaki. sampe2 nulis contekan di bawah sepatu..!

ga pernah seorang pun temen sekolah (SMP,SMA) bokap gw yg ga cerita ke gw..
"san, ayahmuu itu waktu jaman sekolahh badung! bandel!! ada2 aja akalannya!"
setiap nyokap bilang "san san.. kamu ko jail bgt si"
gw cuman bisa ngeles kalo itu karna bokap gw. mkannya gw suka jailin orang (kadang sampe kelewatan jail) bandel dan keras kepala.

waktu babeh kuliah di bandung, dia kost.
katanya, kalo makan.. sengaja taro daging, lauk2nya di bawah nasi. yg di taro di atas nasi cuman tempe ato telor. jadi bayarnya murah!!
kalo di kasih kembalian suka minta lebih! "ko kembaliannya cuman 500 rupiah? kan tadi saya ngasih uangg 2000" selalu punya alesan untuk untung.

isengnya bokap gw ga cuman ke orang luar aja.
sampe sekarang, kalo sepupu gw ktemu bokap dia suka senyum2 ato ketawa2 ga jelas.
alesannya,, waktu sepupu gw masih kecil dia takut banget sama bokap gw.
pernah satu hari, bokap gw lagi main sama keponakannya (spupu gw) yg waktu itu masih TK.
yang namanya anak kecil suka bgt kalo liat gantungan jemuran! di kiranya tmpt glandotan.
bokap gw krn emg jail, dia suruh spupu gw gantungan di kayu tmpt jemuran.. teruss pas dia udah gantungan, sama bokap gw di tinggal.. karena spupu gw masih kecil. dia mawu turun ga bisa karna kakinya ga sampe. mawu loncat tkt karna tinggi banget! alhasil dia gantungan di situ nangis2.

babeh ga lahir dengan nama 'mohammad asad'
babeh lahir dengan nama 'hamzah' siapaaaa gtu. pokoknya bukan mohammad asad. waktu kecil, babeh suka sakit2an. dokternya sampe heran geleng2 kepala.. mungkin dokternya udah sampe bosen liat tampang bokap gw. alhasil dia saranin kakek dan nenek gw untuk ganti nama anaknya. kalo menurut orang jawa jaman dahulu, nama orang itu perannya besar sekali. kata dokter itu, "bapak ganti aja nama anak bapak. mgkn bisa baikan" dan anehnya, setelah nama bokap gw di ganti 'mohammad asad' dia g pernah sakit2an kek gtu lagi.



---udah segiini dl ah cape

7 comments:

Suprih dan Istiningsih said...

Kisah seorang ayah.....bagus juga nih artikelnya. siapa tahu bisa bermanfaat jadi perlu di baca nih ya

sukese ya!!!

Sanii said...

hhe.
makasih makasiih.
di tunggu yah part II nya.
pegel tangannya ngetik panjang2. hhe

Titoy said...

haha
selamat
lu berhasil menceritakan kisah bokap lu dengan baik

lu berhasil bikin gua tetep ngebaca ampe abis...

hehehhee

bokap yang unik

bokap gua ga ada cerita kaya gini

kalo bokap gua cerita pasti isinya

"dulu papa ya biasa aja"

udah aja beres

Sanii said...

hhaha. suruh bokap lo cerita yg seruu dongg. tar ahh gw juga pen cerita ttg nenek gw. hhe. partII nya tunggu to ya..!

rara hanya ingin menulis said...

kerenn nni..

"rock n roll father"

hhe

m u t i i a said...

nenek yang mana?

klo gw, ceritain yang bagus ya!

hahahaha...

btw, rata-rata, orang yang jadi orang itu berawal dari ketidakbiasaan yang di miliki kebanyakan orang ya??

bingung g lw??

mudah2an g yes...

m u t i i a said...

buleee...

add fs aku dong saiiii....

aku tdak bisa add fs mu....